Kecerdasan buatan, Pertemuan Pertama, Sejenis apakah makhluk ini??

Assalamualaikum.

Kali ini saya akan membahas tentang kecerdasan buatan. Judul ini saya ambil karena untuk semester ini mata kuliah ini saya ambil ke dalam list KRS saya dan semalam saya baru masuk pertemuan pertama untuk meta kuliah ini.

Sebelum memulai kuliah dosen memberikan kami pretest.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dosen yaitu

Jelaskan dan berikan contoh aplikatif dari
1. Sistem
2. Cerdas
3. Kecerdasan Buatan
4, Hubungan antara sistem komputer dan kecerdasan buatan.

Oke..Karena dosen mengharuskan kami berpikir sendiri dan tidak boleh melihat om google. Maka mau tidak mau saya berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan pemikiran sendiri. Pertama kita jawab soal yang paling awal...

Apa itu sistem?? contohnya??
Untuk soal ini menurut saya sistem adalah sekumpulan elemen yang saling berinteraksi satu sama lain sehingga menjadi sebuah satu kesatuan
Entah jawaban ini benar atau tidak tapi menurut saya si benar... karena jika saya ingat pada mata kuliah sistem informasi dosen pernah memberikan slide bahwa ada beberapa definisi dari sistem. Dan memang demikian bahwa sistem adalah yang telah saya paparkan diatas.

Contoh aplikatifnya apaa?
Kalau ditanya contoh aplikatifnya apa....yaa karena ini di mata kuliah kecerdasan buatan. Ya bisa kita ambil contoh sistem komputer. Sistem komputer itu terdiri dari Hardware, Software dan Brainware. jadi elemen-elemen tersebut saling berinteraksi sehingga menjadi sebuah sistem komputer.

Selanjutnya.
Apa itu cerdas?? contohnya??

Menurut saya cerdas itu adalah suatu kemampuan dimana kita dapat mengerti segala hal di dalam segala bidang atau bidang tertentu. Hahaha. 

Contohnya apa??
Banyak sih contohnya.
- cerdas bermain musik
- cerdas berolahraga
- cerdas pemikirannya
Intinya banyak contoh dari cerdas ini

Nah selanjutnya udah mulai masuk nih ke pengertian inti dari judul mata kuliahnya.
Apa itu kecerdasan buatan?? contoh aplikatifnya??

Karena masih menurut pemikiran saya sendiri, maka dapat saya artikan bahwa kecerdasan buatan adalah suatu sistem komputer dengan keahlian tertentu yang sengaja dibuat manusia untuk mempermudah pekerjaan manusia. 

Contohnya apa yaa?
- biasanya identik dengan robot atau mesin

Kecerdasan buatan bisa kita sebut juga sistem cerdas. Karena ada sistem di dalamnya yang menghasilkan suatu produk dari kecerdasan buatan.

Oke udah saya jawab soal nomer 1 sampai 3. Selanjutnya pertanyaan terakhir.

Apa hubungan antara sistem komputer dengan kecerdasan buatan??

Kalau menurut saya, hubungannya itu dari sistem komputer tersebut akan menghasilkan kecerdasan buatan. Jadi tidak mungkin kecerdasan buatan itu ada tanpa adanya elemen-elemen dari sistem komputer. Jadi yang membangun sebuah kecerdasan buatan adalah sistem komputer.

Apakah mesin ATM bisa disebut sebagai kecerdasan buatan???? (ini yang ditanyain sama dosen)

Oke jawabannya adalah tidak. Karena mesin ATM itu merupakan rangkaian elektronika yang ada sistem operasinya. kemudian ada sistem ATM yang dijalankan. 

Jadi Sistem Cerdas atau kecerdasan buatan merupakan ibu dari beberapa mata kuliah seperti sistem pakar dan robotika.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kecerdasan buatan, Pertemuan Pertama, Sejenis apakah makhluk ini??"

Posting Komentar