Prinsip Sitem Kerja Sensor Parkir

Seminggu yang lalu saya dapat tugas dari dari dosen mata kuliah fisika. Kalian tahu tugasnya apa? Tugasnya ialah mendeskirpsikan prinsip sistem kerja sensor parkir, kemudian saya googling dan akhirnya menemukan beberapa penjelasan. Berikut penjelasan tentang sistem kerja sensor parkir. Lets read!!!!

  1. Sinyal dipancarkan oleh pemancar ultrasonik berfrekuensi diatas 20kHz. Sinyal tersebut dibangkitkan oleh rangkaian pemancar ultrasonik.
  2. Sinyal yang dipancarkan tersebut kemudian akan merambat sebagai sinyal/gelombang bunyi dengan kecepatan bunyi yang berkisar 340 m/s. Sinyal tersebut kemudian akan dipantulkan dan akan diterima kembali oleh bagian penerima Ultrasonik.
  3. Setelah sinyal tersebut sampai di penerima ultrasonik, kemudian sinyal tersebut akan diproses untuk menghitung jaraknya. Jarak dihitung berdasarkan rumus : S=340t/2 dimana S adalah jarak antara sensor ultrasonikdengan bidang pantu, dan t adalah selisih waktu antara pemancaran gelombang ultrasonik sampai diterima kembali oleh bagian penerima ultrasonik.
referensi : PaperTA Teknik Elektronika - ITS Surabaya, Visualisasi Monitoring Sensor Parkir Mobil

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Prinsip Sitem Kerja Sensor Parkir"

  1. ahay kakak prily ada blog.. bagus bagus.. flowchatnya sekalian ka

    BalasHapus